Tempat Belajar Matematika yang Bikin Ketagihan

Tempat belajar matematika yang bikin kamu ketagihan dalam belajar matematika.

Selasa, 12 Maret 2019

Macam-Macam Bilangan dalam Matematika dan Contohnya

Macam-macam bilangan matematika sangatlah penting untuk kamu ketahui ketika sedang belajar matematika. Karena dalam matematika, kamu tidak akan lepas dari yang namanya bilangan. Oleh karena itu mengenal bilangan dalam matematika itu sangatlah penting.

Kenapa begitu penting ?

Dengan bilangan, kamu bisa menghitung jumlah buah buku, buah, dan benda-benda yang ada di sekitar kamu. Tanpa mengenal bilangan, kamu akan kesulitan dalam memahami matematika. Bilangan itu sangat penting dalam matematika.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar macam-macam bilangan matematika yang bisa kamu pahami dengan mudah.

macam-macam bilangan matematika
Sebelum belajar, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu, agar apa yang kamu lakukan dinilai oleh Tuhan sebagai ibadah.

Macam-Macam Bilangan Matematika

Bilangan pertama yang akan kamu kenal, yaitu bilangan-bilangan asli.

1. Bilangan Asli

Dalam sistem bilangan matematika, yang paling sederhana itu bilangan-bilangan asli.
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, ...
Bilangan-bilangan asli itu seperti di atas. Dengan bilangan di atas, kamu bisa menghitung. Menghitung buku, teman-teman, dan benda-benda lainnya. 

2. Bilangan Bulat

Dari bilangan asli, jika kamu menggandengkannya dengan angka negatif dan nol, maka kamu akan memperoleh bilangan-bilangan bulat, seperti apa bilangan bulat itu ?
..., -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, ...
Bilangan bulat itu seperti di atas, jika dari bilangan asli digandengkan dengan angka nol dan negatif, maka terbentuklah bilangan bulat. 

3. Bilangan Cacah

Bilangan selanjutnya yang harus kamu ketahui, yaitu bilangan cacah. Dalam bilangan cacah ini ada fakta yang menarik, yaitu bilangan cacah ini hanya ada di Indonesia. Di negara-negara di dunia tidak mengenal bilangan cacah, hanya negara kitalah yang mengenal bilangan cacah.

Seperti apa itu bilangan cacah ? Jika kamu menambahkan atau menggandengkan angka nol ke bilangan asli, maka kamu akan mendapatkan bilangan cacah.
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, ...
Bilangan cacah itu seperti yang diatas, bagaimana unik bukan ?

4. Bilangan Genap

Bilangan selanjutnya yang wajib kamu ketahui itu bilangan genap. Bilangan genap itu diambil dari bilangan asli yang dapat dibagi dengan angka dua.
2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, ...
Bilangan genap itu seperti yang ditunjukkan di atas, dia lahir dari bilangan asli yang bisa dibagi dengan angka dua. 

5. Bilangan Ganjil

Kurang lengkap jika kamu belajar bilangan genap tanpa mengetahui bilangan ganjil. Sama seperti bilangan genap, bilangan ganjil itu diambil dari bilangan asli yang tidak dapat dibagi dengan angka dua.
1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, ...
Bilangan ganjil itu digambarkan seperti yang di atas. 

6. Bilangan Prima

Bilangan selanjutnya yang harus kamu kenal itu, yaitu bilangan prima. Bilangan prima itu diambil dari bilangan asli yang hanya dapat dibagi dengan angka satu dan angka itu sendiri.
2, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, ...
Bilangan-bilangan prima itu seperti yang di atas. Dia hanya bisa dibagi dengan angka satu dan angka itu sendiri. Semisal angka dua, kamu hanya bisa membagi angka dua itu dengan angka satu dan angka dua.

Macam-Macam Bilangan Matematika dan Contohnya

7. Bilangan Rasional atau Bilangan Pecahan

Untuk mengukur sebuah panjang mobil atau pesawat, berat badan, bilangan-bilangan bulat tidak memadai karena kurang cermat keakuratannya, oleh karena itu untuk mengukur sebuah panjang benda, kamu bisa menggunakan bilangan rasional yang umumnya dikenal dengan bilangan pecahan.
1/2, 1/4, 1/5, 7/10, 5/6. 4/5, 3/7, 2/8, 9/10, ...
Bilangan rasional itu seperti bilangan dalam kotak di atas yah. Bentuk dari bilangan rasional itu dapat dinyatakan dalam bentuk a/b. Dimana "a" itu disebut sebagai pembilang dan "b" itu disebut sebagai penyebut.

Dalam bilangan rasional, kamu perlu tahu satu larangan yang tidak boleh dilanggar dalam bilangan rasional, yaitu nilai dari "b" atau pembilang tidak boleh bernilai nol (0) karena jika "b" atau pembilang bernilai nol (0), maka bilangan itu tidak terdefinisi.

8. Bilangan Irasional

Selain kamu mengenal bilangan rasional, kamu juga harus mengenal bilangan irasional. Bilangan irasional itu bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b. Itulah yang membedakan antara bilangan rasional dengan bilangan irasional.
macam-macam bilangan matematika
Akar 2, akar 5, akar 6 merupakan salah satu contoh bilangan irasional karena mereka tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b.
macam-macam bilangan matematika
Lihat gambar di atas, akar 25 kan bernilai 5. Dan angka 5 itu bisa dinyatakan dalam bentuk a/b, maka akar 25 itu merupakan bilangan rasional.

Nah, itulah macam-macam bilangan dalam matematika yang wajib untuk kamu ketahui, namun ketahuilah masih ada bilangan-bilangan dalam matematika yang untuk saat ini tidak perlu kamu pelajari, yaitu bilangan kompleks dan bilangan imajiner yang akan dipelajari di bangku SMA atau bangku perkuliahan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, terima kasih sudah berkunjung teman-teman, jangan lupa sering mampir di blog ini ya.

Author Profile

About Omah Matematika

Hai, saya yang mengelola blog ini. Semoga konten di atas bermanfaat untuk kamu dan terima kasih sudah berkunjung.

0 Komentar Macam-Macam Bilangan dalam Matematika dan Contohnya

Posting Komentar

Back To Top